Musik

Sejumlah Remaja Berlatih Alat Musik di Tamude 2024

Sejumlah remaja yang tergabung dalam komunitas Taman Musik Depok (Tamude) berlatih alat musik gitar dan biola di Gedung Taman Musik Depok, Abadijaya, Sukmajaya, Senin (19/06/23).

Gedung Taman Musik Depok tersebut dibangun oleh Pemerintah Kota Depok sebagai wadah bagi buah hati-buah hati dan remaja di Kota Depok untuk mengoptimalkan ketertarikan dan bakat di bidang musik. (JD 01/ED02/EUD04)

Mempertahankan identitas jadi sistem Idgitaf mengarungi industri musik
Pelantun nyanyian “Berlagak Bersuka” Idgitaf berpendapat bahwa mempertahankan identitas yaitu sistem tepat untuk bisa bertahan dalam mengarungi samudera industri hiburan Tanah Air.

Berdasarkan penyanyi dengan nama lengkap Brigitta Sriulina Meliala itu, regenerasi dalam industri musik kini ini tergolong benar-benar pesat, berbeda dengan sepuluh atau dua puluh tahun lalu dikala seorang musisi sepatutnya berjibaku melewati minimnya wadah atau slot online 77 media yang tersedia agar musiknya bisa sampai ke khalayak luas.

“Hampir tiap-tiap bulan ada single dan debut baru. Oleh sebab itu, menurutku perayaan Hari Musik Nasional bisa jadi momentum refleksi bagi tiap-tiap musisi untuk bersinergi dengan tetap membawa warna musik masing-masing. Aku yakin yang bakal bertahan lama, semoga saya bisa bertahan lama, yaitu mereka yang bisa mempertahankan identitas sampai akhir dan membangun komunitas,” kata Idgitaf kepada ANTARA di Jakarta beberapa waktu lalu.

Solois yang memiliki rujukan gaya nyentrik dari penyanyi asal Amerika Melanie Martinez tersebut merasa dikala ini masih ada beberapa kalangan yang memakai senioritas dalam ranah musik meski bukan dalam konteks negatif.

“Lebih seperti, ‘Aahh, kamu dengan nyanyian seperti itu? Memang kamu takut dewasa? Ini sih belum ada apa-apanya dengan umur kamu.’ Padahal menurutku balik lagi, tiap-tiap generasi punya tantangannya yang berbeda. Sekiranya tantangan saya yaitu adulting (menjadi dewasa), mungkin tantangan generasi lain, ya, beda lagi,” kata Idigitaf.

Dia berharap adanya kebersamaan dan sinergi antara musisi lama dan baru untuk membangun komunitas bersama.

“Karena jujur saya ini musisi muda, tetapi, saya juga butuh dirangkul loh sama musisi-musisi terdahulu yang saya elu-elukan karyanya. Aku berharap tiap-tiap Hari Musik Nasional ada kedekatan baru, perkembangan baru antargenerasi dan komunitas” kata Idgitaf.