Musik

Mandiri 3×3 Indonesia Tournament di Kota Medan Seru

Medan Mandiri 3×3 Indonesia Tournament di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) seru. Berlangsung di GOR Dispora Veteran Medan, kompetisi bola basket 3×3 nasional yang digelar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan.

Alvin Indra, Pengurus Pusat Perbasi, Bidang Perwasitan 3×3, saat ditemui Liputan6.com, di sela-sela kompetisi, Minggu (28/4/2024), mengatakan, Kota Medan dipilih untuk menjadi penyelenggara Regional Sumatera.

“Ini merupakan hari kedua. Pelaksanaan spaceman di Regional Sumatera diawali Play-in Tournament tahap 1. Play-in Tournament tahap II yang awalnya di Siantar, karena pertimbangan teknis digeser ke Medan, di sini juga, GOR Dispora Veteran Medan,” kata Alvin.

Dijelaskannya, ada 131 tim yang ikut berkompetisi. Keseluruhan tim tersebut masing-masing terdaftar pada kategori Kelompok Usia (KU) 12, KU 15, U 18, dan U 23. Kemudian yang masuk 6 besar akan dipertandingkan lagi pada 1 Mei 2024, di Lapangan Benteng Medan.

“Bisa dibilang final region,” ujarnya

Menurut Alvin, talenta-talenta 3×3 di Medan cukup menarik, karena Medan atmosfernya untuk bola basket sangat tinggi, dan banyak sekali pemain-pemain muda yang secara postur juga bagus-bagus.

“Kalau dikembangi, Medan bisa jadi penghasil atlet-atlet 3×3, loh,” ucapnya.

Butuh Atlet-atlet Muda 3×3
Disebutkan Alvin, saat ini atlet bola basket untuk 5on5 sudah banyak. Sementara 3×3 butuh atlet-atlet muda yang memang serius. Perbasi berharap atlet-atlet bola basket 3×3 dan 5on5 benar-benar beda spesifikasi.

“Walaupun saat ini event 3×3 belum sebesar 5on5, Perbasi Pengin event seperti Mandiri 3×3 Indonesia Tournament ini juga dilakukan penyelenggara lainnya, sehingga olahraga basket 3×3 semakin menjamur, banyak, dengan catatan berjalan secara proper,” sebutnya.

Diungkapkan Alvin, 3×3 berbeda dengan 5on5. Setiap atlet 3×3 harus punya akun di FIBA 3×3 Play. “Kalau mereka bikin akun, setiap pertandingan jika mereka menang, kalah, dapat poin. Nantinya, muaranya adalah tim nasional. Tidak sembarangan, Tim Nasional 3×3 dengan 5on5 juga berbeda,” ungkapnya.