Musik

Harapan para musisi untuk ekosistem dunia musik di Indonesia

Jakarta – Ada saja cara bangsa Indonesia untuk mengenang serta menghormati jasa dan karya-karya tokoh besar di masa lalu.

Dalam dunia permusikan, semisal, penetapan Hari Musik Nasional yang diperingati tiap-tiap 9 Maret sudah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melewati Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013.

Pemilihan tanggal itu didasari oleh tanggal lahir seorang komponis slot777 gacor besar asal Indonesia bernama Wage Rudolf Supratman (W.R. Supratman), yang sebelumnya diyakini lahir pada 9 Maret tahun 1903.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menjelaskan penetapan hari besar hal yang demikian ialah cara pemerintah untuk memberikan penghargaan terhadap semua musisi di Tanah Air, dengan keinginan para musisi dapat terus berkontibusi bagi pemajuan kebudayaan di Indonesia.

Hari Musik Nasional juga diciptakan sebagai pengingat untuk semua lapisan masyarakat agar terus mendukung dan memberikan apresiasinya pada tiap-tiap karya-karya musisi, sekaligus membangun ekosistem musik yang kian maju.

Dalam perjalanannya bahkan, dunia musik Indonesia dapat dikatakan sudah tumbuh secara cepat. Masyarakat dapat dengan gampang mengakses berjenis-jenis macam platform komputerisasi untuk merasakan lagu-lagu dari musisi atau genre kesukaannya, yang di antaranya pop, rock, R&B, punk hingga dangdut koplo.

Sama halnya dengan para musisi yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempromosikan karya-karyanya, seperti membikin music video (MV) bermutu tinggi hingga bagian alat musik yang makin komplit.

Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) Dino Hamid saja hingga mengakui bahwa musisi Indonesia yang lahir dari keberagaman adat istiadat bangsa, dapat membikin lagu dan personal branding yang tidak keok bermutu dengan musisi luar negeri.

Berkat kemampuan musisi yang kian berkembang, mereka sukses membikin kemajuan besar terhadap ekosistem musik, semisal membikin artis top dunia, seperti Coldplay datang ke Indonesia dan berkolaborasi bersama penyanyi lokal sebagai bintang tamu pembuka konser.

ini membuka potensi besar bagi bangsa Indonesia untuk menyajikan ciri khas musiknya, sembari memutar roda perekonomian dan meningkatkan kerja sama pemerintah dengan pihak-pihak terkait dalam mempromosikannya.

Sayangnya semua penghargaan dan kecanggihan itu belum cukup. Ada banyak rintangan yang seharusnya para musisi lewati agar eksistensi mereka dalam chart lagu ataupun dalam ekosistem dapat bertahan sepanjang masa.