Fakta Coldplay Yang Harus Kamu Tahu, Dijamin Unik!
Musik

Fakta Coldplay Yang Harus Kamu Tahu, Dijamin Unik!

Mulai dari latar belakang judul “Yellow” hingga belajar nyanyi secara reverse untuk “The Scientist”, banyak banget fakta Coldplay yang super unik dan mengesankan! Buat anda yang udah siap-siap senang lihat Coldplay secara live di Indonesia, baca pernah 12 fakta Coldplay di bawah ini!

1. Berawal dari duo, bukan bernama Coldplay!

Coldplay awalannya bukan Coldplay! Band ini terbentuk terhadap th. 1996 dikala Chris Martin berjumpa bersama dengan gitaris utama Jonny Buckland di University College London. Sebagai duo mereka dikenal sebagai Pectoralz. Guy Berryman lantas berhimpun sebagai bassis dan mereka berubah nama jadi Starfish. Gak lama setelahnya, drummer dan vokalis pendukung Will Champion berhimpun untuk melengkapi formasi. Baru deh, terhadap th. 1998 band berubah nama jadi Coldplay!

2. Terdiri dari 4 member (psst! Ada band member ke-5!)

Band Coldplay terdiri dari 4 anggota, yaitu Chris Martin (lead vocals, keyboards, piano, rhythm guitar, harmonica), Jonny Buckland (lead guitar, backing vocals, keyboards), Guy Berryman (bass, backing vocals, keyboards, synthesizers, percussion), dan Will Champion (drums, backing vocals, keyboards, piano, percussion).

Orang-orang menyebut Phil Harvey sebagai “band member ke-5” sebab dia bekerja bareng Coldplay dari awal band terbentuk. Phil jadi manajer Coldplay dari awal terbentuk hingga 2002 dan jadi creative director Coldplay sejak 2006 hingga sekarang.

3. Member band-nya lulus jurusan Astronomi & Matematika hingga Ancient World Studies

Gak hanya musisi yang hebat, member band Coldplay lulus jurusan slot garansi kekalahan yang luar biasa! Chris Martin miliki gelar di Ancient World Studies dan Jonny belajar Astronomi dan Matematika.

4. Superstar yang masih naik transportasi umum

Superstar gak selalu hidup bersama dengan luxury! Yap, Coldplay masih naik London Tube, alias kereta bawah tanah London. Chris apalagi pernah berangkat ke pertunjukannya sendiri di O2 Arena di London bersama dengan kereta bawah tanah. Meskipun superstar dunia, gak ada yang mengenalinya, lho.

5. Rela rogoh kocek £5,5 juta sepanjang tur Mylo Xyloto untuk fans

Coldplay diduga kehilangan keuntungan lebih kurang £5,5 juta sepanjang tur Mylo Xyloto mereka, demi pecinta mereka. Mereka memberikan gelang khusus, katering, akomodasi, dan presentasi panggung yang lebih baik.

Baca Juga: https://artsnaples.org/2024/01/13/ini-6-fakta-unik-the-beatles-yang-belum-kamu-tahu/

6. Konser Coldplay khas bersama dengan Xyloband!

Xyloband adalah gelang LED yang dikendalikan radio dan sanggup berubah warna seiring waktu bersama dengan musik. Xyloband pertama kali digunakan untuk ‘Mylo Xyloto Tour punya Coldplay terhadap th. 2012. Gelang ini dipopulerkan oleh Coldplay dan sejak itu kerap digunakan di pertunjukan dan konser. Saat Coldplay memulai Tur Dunia Music of the Spheres, banyak video yang viral dari keindahan stadium sebab Xyloband yang menyala apik!

7. Judul lagu “Yellow” diambil dari buku kuning alias Yellow Pages

Banyak yang mendefinisikan Yellow bersama dengan benar-benar puitis, tetapi yang paling bener? Chris mengaku jika waktu bikin lagu Yellow, dia lihat buku kuning alias yellow pages yang ada di dekat dia waktu di studio. Jadi deh, judul Yellow!

8. Chris Martin belajar nyanyi “The Scientist” secara reverse untuk syuting MV

Seperti yang kita ketahui, video musik untuk ‘The Scientist’ bukan video musik biasa! Seluruh video diputar terbalik alias reverse, menyatakan Chris berlangsung mundur dan menceritakan kronologis cerita dari akhir, hingga awal. Tapi Chris beneran nyanyi dari awal hingga akhir video. Jadi, gimana syutingnya? Simpel, Chris Martin kudu belajar menyanyikan ‘The Scientist’ secara mundur untuk video musik. Keren abis!

9. Pernah announce album bersama dengan nulis surat ke fans

Coldplay pernah jalankan hal yang gak biasa ke pecinta bersama dengan memberitakan album baru melalui surat! Band ini memberitakan album ‘Everyday Life’ terhadap th. 2019 bersama dengan mengirimkan surat yang diketik kepada pecinta mereka.

Tapi pecinta mereka jadi bingung dan bertanya di sosmed bikin mastiin mereka beneran dikirimin surat serupa Coldplay. Baru deh mereka mengerti bahwa album selanjutnya akan terdiri dari dua anggota yang disebut, ‘Sunrise’ dan ‘Sunset’. Surat selanjutnya mengkonfirmasi detail album, terhitung tanggal rilisnya terhadap 22 November 2019, dan menampilkan tanda tangan anggota band yang ditulis bersama dengan pena emas.

10. Chris gak nyangka collab bareng BTS beneran terjadi!

Tau kan lagu hits Coldplay ft. BTS yang berjudul “My Universe”? Nah, ternyata chris Martin gak yakin jika kolaborasi itu beneran terjadi. Hal ini sebab dia mempertanyakan gimana ke-2 nada mereka akan sesuai satu serupa lain. Dengan segala kebingungan dan kecurigaan di awal, Chris lantas mulai mulai jika “Ide itu mulai tampak benar-benar menarik didalam keanehannya, dan lantas suatu hari, lagu yang tepat tiba.”

Pada April 2022, dia terhitung bicara di podcast Audacy: “Saya rasa kita tidak akan pernah sanggup menyamai kejutan BTS… Itu apalagi mengejutkan kami,” jelasnya, sebelum saat menambahkan: “Luar biasa. pelajaran untuk diri saya sendiri didalam melindungi anggapan terbuka sepanjang waktu, sebab Anda tidak pernah mengerti kehidupan atau musik apa yang akan melemparkan Anda.”

11. Punya rekor BRIT Award

Coldplay miliki rekor waktu ini untuk nominasi BRIT Award terbanyak untuk sebuah band, bersama dengan 30 nominasi hingga waktu ini. Dari jumlah tersebut, mereka udah memenangkan 9 BRIT Awards, bersama dengan penghargaan pertama mereka terhadap th. 2011 untuk British Group dan British Album of the Year, dan yang terbaru terhadap th. 2016 untuk British Group.

12. Music of The Spheres adalah konser paling eco-friendly Coldplay

Pada th. 2019, Coldplay memberitakan bahwa mereka akan rehat dari tur hingga konser mereka “bermanfaat untuk lingkungan”. Pada th. 2022, band ini lantas berjanji supaya tur mendatang mereka akan ‘memotong emisi langsung tur lebih dari 50% dibandingkan bersama dengan tur kita pada mulanya (2016-17)’.

Coldplay memberitakan sebagian tanggal UK untuk ‘Music of the Spheres tour’ di London dan Glasgow untuk Agustus 2022. Mereka lantas memberikan enam tanggal kembali untuk Mei/Juni 2023. Konser mereka miliki fitur ramah lingkungan seperti lantai dansa kinetik dan sepeda statis. Band terhitung memicu janji reboisasi yang melibatkan penanaman dan dukungan pohon – terhitung satu untuk tiap tiap tiket yang terjual.

Guy, Berryman bicara untuk komitmen eco-friendly ini, mereka senang konsep yang gak benar-benar sungguh-sungguh dan menyenangkan. Ia senang orang-orang gak lihat konsep ini sebagai suatu tanggung jawab, tetapi jadi peluang untuk jalankan suatu hal yang menyenangkan.